Mudik menjadi hal yang selalu dinanti oleh para perantau ketika Hari Raya datang. Sebab, pada momen inilah para pendatang dapat berkumpul kembali dengan keluarga maupun orang-orang terkasih. Namun demikian, perjalanan kembali ke rumah bisa berubah menjadi petaka bila kehati-hatian tidak diutamakan saat berada di jalan. Oleh karena itu, agar mudik aman, alangkah baiknya Anda mempersiapkan beberapa hal berikut.

1. Cek kondisi kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan mudik, hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek kondisi kendaraan Anda. Bawalah motor atau mobil Anda untuk check-up ke bengkel. Pastikan bahwa oli, rem, airbag, roda, dan komponen lain sebagainya berada dalam keadaan aman. Kondisi kendaraan yang prima akan mempengaruhi keselamatan Anda maupun keluarga.

2. Patuhi rambu lalu lintas

Semua pemudik pasti ingin mencapai tempat tujuan dengan cepat. Namun, bukan berarti Anda sampai melakukan segala cara tanpa mempertimbangkan risikonya. Patuhilah rambu lalu lintas agar keselamatan Anda sekeluarga terjaga.

Hindari mengendarai dengan kecepatan tinggi ataupun menerobos lampu lalu lintas saat lampu merah menyala. Paculah laju kendaraan dengan kecepatan konstan dan tetap berhati-hati. Sedangkan untuk pengemudi motor, pakailah helm berstandar SNI dan nyalakanlah lampu meski di siang hari. Selain itu, jangan lupa untuk membawa lengkap surat-surat berkendara Anda.

3. Istirahat saat kelelahan

Aktivitas mudik pasti tidak terlepas dari kata macet. Sebab, semua orang turun ke jalan untuk ‘pulang’ ke rumah. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi kesehatan Anda maupun keluarga. Istirahatlah di rest area jika Anda mulai merasa lelah. Dengan beristirahat, tubuh Anda akan kembali fit ketika berkendara.

4. Sesuaikan penumpang dengan kapasitas kendaraan

Demi keamanan dan kenyamanan saat mudik, janganlah membawa beban atau penumpang melebihi kapasitas kendaraan. Periksa dan ingatlah seberapa banyak beban barang juga orang yang mampu diangkut oleh kendaraan Anda. Jangan sampai karena kelebihan beban, perjalanan Anda dan keluarga berubah menjadi bencana.

5. Aktifkan GPS

Mengaktifkan fitur GPS pada ponsel atau perangkat elektronik Anda adalah sebuah keuntungan yang dapat Anda peroleh dari kemajuan teknologi. Dengan bantuan fitur ini, Anda dapat menemukan jalan alternatif saat macet terjadi, ataupun membantu Anda menyusuri jalanan yang Anda lupa.

Itulah 5 tips mudik secara aman dengan kendaraan pribadi untuk Anda. Mempersiapkan secara cermat sebelum keberangkatan lebih baik daripada Anda kebingungan di tengah jalan.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama