Handphone masa kini tentu saja dapat membantu menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Tidak seperti handphone jadul, telepon genggam masa kini dilengkapi dengan spesifikasi yang semakin canggih, misalnya dilengkapi triple kamera bokeh, RAM yang besar, sensor sidik jari, dan masih banyak lagi, seperti pada Huawei P30 Lite. Dengan begitu, pengalaman berselancar menggunakan telepon genggam pun akan semakin asyik.

Secanggih apapun elektronik, selalu saja ada gangguan yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Hal ini salah satunya disebabkan oleh keteledoran penggunanya sendiri, misalnya, terlalu lama mengisi daya baterai, terlalu lama menggunakan handphone, selalu memenuhi memory dengan aplikasi-aplikasi yang tidak penting, mengunduh sembarang aplikasi di internet, dan masih banyak lagi. Hal-hal seperti itu tentu saja bisa mengakibatkan masalah yang cukup serius, sehingga handphone menjadi mudah rusak.

Namun, jika handphone masih terlihat dalam keadaan baik-baik saja, kemungkinan besar kamu tidak akan memperhatikan masalah sekecil apapun pada handphone. Padahal, kamu tidak akan menyadari bahwa hal tersebut bisa berujung pada kerusakan bahkan mati total. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui beberapa masalah pada handphone yang bisa saja membuat kamu menyesal. 

1. Baterai cepat habis

Masalah pertama yang sering terjadi pada handphone, yaitu baterai yang mudah habis atau drop. Salah satu penyebab baterai kehabisan daya, yaitu pemakaian yang berlebihan juga durasi pengisian daya baterai yang terlalu lama. Solusinya adalah kamu bisa mengurangi pemakaian smartphone, seperti hanya beberapa jam saja perhari, serta mematikan fitur-fitur yang tidak sedang digunakan.

2. Hang

Hang menjadi masalah yang sering terjadi pada semua jenis handphone. Handphone yang mendadak hang umumnya terjadi saat kita melakukan aktivitas-aktivitas berat, seperti bermain game atau aplikasi dengan ukuran yang besar.

Kondisi seperti ini biasanya diakibatkan oleh pemakaian memori internal (RAM dan ROM) hingga penuh yang tidak terkendali. Solusinya, kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak diperlukan atau cukup memindahkannya ke memori eksternal. Selain itu, rutin menghapus cache juga bisa mengurangi hang pada handphone.

3. Cepat panas

Handphone yang cepat panas bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, bisa jadi adanya kerusakan pada baterai. Kedua, adanya aktivitas multitasking. Ketiga, handphone terserang virus yang berbahaya, dan yang terakhir handphone tidak bisa mendapatkan sinyal.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa mengganti baterainya (jika baterai tanam, kamu bisa menggantinya di counter resminya), menggunakan aplikasi anti virus, menutup aplikasi yang sedang berlangsung secara bersamaan, dan mematikan koneksi jika sinyal benar-benar tidak ada.

4. Aplikasi mendadak berhenti

Jika aplikasi mendadak berhenti atau keluar, itu tandanya kamu terlalu banyak mendownload aplikasi , sehingga kapasitas memori RAM menjadi penuh. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa restart handphone, membersihkan cache, melakukan update pada aplikasi yang bermasalah, dan memberhentikan aplikasi secara paksa.

5. Sistem mengalami bootloop

Saat handphone dinyalakan dan yang hanya menampilkan logo dan merk handphone, itu tandanya telepon genggam kamu mengalami masalah boot loop. Boot loop merupakan masalah umum yang terjadi dimana handphone kesulitan untuk masuk ke menu utama. Langkah yang harus dilakukan adalah mencabut baterainya untuk beberapa saat, lalu nyalakan kembali dan lihat, apakah handphone kamu sudah bisa kembali seperti semula atau belum.

Itulah lima masalah umum yang sering terjadi pada handphone. Jika kamu ingin meminimalisir masalah-masalah tersebut, upgrade handphone kamu dengan merk dan tipe terbaru yang memiliki spesifikasi canggih seperti Huawei P30 Lite. Kamu bisa dapatkan smartphone canggih itu secara praktis di blibli.com. Selain itu, jangan lupa ya, untuk selalu menggunakan handphone secara bijak agar tidak mudah rusak. 






Post a Comment

Lebih baru Lebih lama