Disadari atau tidak, 'jam karet' dalam kehidupan kita sehari-hari telah menjadi budaya. Jam tangan karet dicirikan oleh periode waktu dari waktu yang telah ditentukan, kebiasaan ini tentu saja tidak baik, kurang produktif dan buang-buang waktu.

Tentu saja, di era modern saat ini, waktu sangat berharga karena diperlukan disiplin waktu sehingga tidak menghambat produktivitas. Karena itu, jangan meremehkan waktu! Coba 6 cara berikut untuk membuat waktu yang digunakan efektif dan efisien seperti dilansir idntimes.com

1. Bangun segera jika alarm berbunyi

Masalah utamanya adalah keterlambatan, salah satunya sulit bangun di pagi hari jika harus melakukan aktivitas pagi. Untuk itu, pasang alarm dan segera bangun jika berbunyi. Agar ritual bangun dengan lembut, Anda tidak boleh tidur terlalu larut jika tidak ada yang dilakukan. Jangan begadang!

2. Atur jam beberapa menit sebelumnya

Metode ini dapat digunakan oleh banyak orang. Ya, menambah jam beberapa menit sebelumnya. Sebenarnya ada yang berhasil, ada juga yang tidak. Mengapa itu tidak berhasil? Karena dia selalu sadar bahwa jam telah terlampaui selama beberapa menit. Untuk itu, cobalah mengatur jam lebih awal dan, tentu saja, disertai dengan komite disiplin tinggi dari waktu ke waktu.

3. Buat agenda untuk semua kegiatan.

Catat semua kegiatan bersama dengan lokasi dan waktu Anda sehingga Anda dapat menghitung waktu yang diperlukan untuk menghindari keterlambatan. Anda dapat menggunakan buku agenda atau aplikasi agenda di smartphone. Catat semua kegiatan, seperti rapat, hal-hal yang berhubungan dengan sekolah, konferensi, pekerjaan dan kegiatan lainnya, termasuk pertemuan. Manfaatkan smartphone Anda!

4. Perkirakan waktu yang dibutuhkan untuk bepergian

Jangan meremehkan waktu. Buat perhitungan yang jelas tentang berapa banyak waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan, termasuk hal-hal di luar harapan, seperti lalu lintas, menunggu angkutan umum, kemacetan lalu lintas dan pengalihan. Apalagi jika Anda tidak terbiasa dengan tempat untuk pergi.

5. Pastikan semuanya sudah siap sebelum bergerak

Terlambat bisa disebabkan oleh kurangnya manajemen waktu. Ketika kita memulai aktivitas, kita harus menggunakan waktu dengan bijak, jangan terlalu banyak memadukan pakaian yang akan digunakan dan setrika pakaian secara improvisasi. Ini seharusnya sudah disiapkan sebelumnya.

Siapkan juga isi tas yang akan Anda bawa, jangan biarkan tersebar karena akan membutuhkan waktu untuk mencarinya. Satu lagi, jangan biarkan siapa pun tersesat!

Nah, di sini yang suka menyetrika pakaian improvisasi sebelum pergi untuk kegiatan?

6. Tetapkan tujuan waktu untuk menyelesaikan berbagai tugas

Buat waktu yang obyektif untuk melakukan tugas atau kegiatan lainnya. misalnya, mengalokasikan tiga jam untuk tugas A, kemudian mengatur waktu selama tiga jam dan memenuhi tujuan. Pastikan bahwa itu dapat diimplementasikan sehingga agenda berikutnya dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien dan tidak tumpang tindih.

Menjadi orang yang disiplin dari waktu ke waktu bukanlah hal yang mudah, tetapi harus dibuktikan dan, tentu saja, dibutuhkan komitmen yang besar dari Anda untuk lebih menghargai waktu.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama